Workshop Bisnis Pecel Lele, Cara Remaja LDII Srandakan Isi Akhir Tahun 

Remaja LDII Srandakan
Remaja PC LDII Srandakan mengisi akhir tahun dengan mengadakan workshop bisnis lele, Minggu (31/12/2023).

Bantul (2/1) – Pengajian Akhir Tahun (PAT) diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) secara serempak se-Indonesia. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para generasi penerus (Generus) LDII untuk mengisi akhir tahun dengan kegiatan positif. Juga sebagai upaya untuk menanggulangi budaya perayaan akhir tahun yang tidak bermanfaat bahkan cenderung negatif seperti pesta miras, menyalakan petasan, dll.

Sejalan dengan program tersebut, PC LDII Srandakan turut melaksanakan kegiatan PAT di Masjid Al-Jami’ Trimurti, Srandakan, Bantul pada Minggu (31/12/2023). PAT menjadi wadah bagi Generus untuk mengisi waktu pergantian tahun 2023/2024 dengan hal-hal positif, salah satunya dengan mengikuti Workshop Bisnis Pecel Lele.

Remaja LDII Srandakan
Pengajian akhir tahun remaja PC LDII Srandakan di Masjid Al-Jami’ Trimurti, Srandakan.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membentuk karakter mandiri dalam diri Generus. Seperti yang disampaikan oleh Dewan Penasehat (Wanhat) PC LDII Srandakan, Basuki, dalam sambutannya, “Tujuannya biar generus berlatih mandiri. Karakter mandiri ditumbuhkan sedikit demi sedikit, tidak tiba-tiba ada,” ujarnya.

Peserta yang hadir dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setelah itu, peserta diberikan demonstrasi cara mengolah lele dari bahan mentah hingga menjadi menu pecel lele. Trainer workshop, Anik dan Rohmi, merupakan para pelaku usaha di bidang kuliner selama bertahun-tahun. “Diharapkan ada transfer ilmu kepada Generus sehingga dapat menumbuhkan jiwa berwirausaha,” jelas Basuki.

Peserta mempraktikkan cara pengolahan lele di kelompok masing-masing. Panitia telah menyediakan fasilitas berupa alat dan bahan. Kegiatan dapat berjalan lancar dan peserta mengikuti instruksi dari pelatih dengan tertib. Setelah makan bersama, dibagikan hadiah kepada semua kelompok dengan kategori kelompok terfavorit, terbersih, terenak, dan terkompak.

Remaja LDII Srandakan
Peserta PAT PC LDII Srandakan.

Kegiatan diikuti oleh 62 peserta dan dimulai sejak hari Minggu pukul 18.00 hingga hari Senin pagi pukul 07.00. Kegiatan workshop ditutup dengan operasi semut atau bersih-bersih tempat workshop.

Kegiatan sukses dilaksanakan dan peserta merasa senang mengikuti workshop. “Baru pertama kali ikut, seneng bisa tambah pengalaman, jadi nambah kenalan juga,” tutur Eka, salah satu peserta workshop.

Check Also

LDII Sewon Bantul

Remaja LDII Sewon-Bantul Tingkatkan Skill Entrepreneur di Pengajian Akhir Tahun

Bantul (3/1) – Di penghujung tahun 2023, remaja LDII justru sangat menghindari pesta pora penyambutan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *