Peringati Hari Lahir Pancasila, Santri PP Al Barokah Bantul Gelar Upacara

 

Sukirman, Kepala Dusun Kranggan saat memberikan pidatonya, Selasa (1/06/2023).

Bantul (1/6) – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, tepatnya pada Kamis (1/6/2023) santri serta dewan guru Pondok Pesantren Al Barokah Kranggan menggelar upacara peringatan yang berlokasi di Dusun Kranggan, Desa Murtigading, Sanden, Bantul, Yogyakarta.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini dipimpin oleh Sukirman, Kepala Dusun Kranggan. Dalam sambutannya di hadapan dewan guru dan para santri, Sukirman menegaskan dilaksanakannya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di pesantren sama sekali tidak bertentangan dengan nilai-nilai keislaman. Sampai saat ini ada beberapa segelintir umat Islam di Indonesia yang masih mempertentangkan antara Islam dan Pancasila.

“Pesantren sebagai salah satu simbol Islam di Indonesia, ingin menunjukkan bahwa Pancasila dan Islam itu bisa selaras,” tegasnya.

Para peserta saat mengikuti upacara di Dusun Kranggan, Selasa (1/06/2023)

Sukirman dalam sambutannya juga menekankan agar semua santri tetap menjunjung tinggi nilai Pancasila dan senantiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, baik saat di dalam pondok maupun di luar pondok.

“Tujuan diperingati Hari Lahir Pancasila yakni agar kita tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila serta dasar ideologi Negara Republik Indonesia, sehingga asal-usul bangsa Indonesia tetap dapat diketahui dari generasi ke generasi, dan dari waktu ke waktu,” jelasnya.

Check Also

LDII Bantul

Eratkan Keakraban Generus, LDII Bantul Gelar Acara Bertajuk Kumanja

Bantul (4/3) – LDII Bantul gelar acara keakraban bagi generus di Pondok Pemuda Pesanggrahan Ambarbinangun, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *