LDII Wujudkan Generasi Tri Sukses Melalui ‘Tamantirto Cinta Alam Indonesia’

LDII Tamantirto
Puluhan remaja LDII Tamantirto mengikuti kegiatan “Tamantirto Cinta Alam Indonesia” di Karangasri Outbond, Sleman, Sabtu-Minggu 21-22 Oktober 2023.

Bantul (26/10) – Generasi saat ini disoroti terjadi penurunan akhlak atau budi pekerti, baik kepada sesama, orang yang lebih tua atau ketika hidup bermasyarakat. Sementara setiap orang pasti akan hidup membaur dengan masyarakat, sehingga perlu diajarkan budi pekerti yang luhur.

Mengingat pentingnya kondisi tersebut, PAC LDII Kalurahan Tamantirto menggelar kegiatan pembinaan agama dan budi pekerti dengan cara yang unik, yaitu belajar di alam terbuka. Kegiatan dikemas dengan pemberian materi dan outbond yang bertajuk “Tamantirto Cinta Alam Indonesia” bertempat di Karangasri Outbond, Sleman, pada Sabtu-Minggu 21-22 Oktober 2023.

Diikuti puluhan remaja LDII Tamantirto, salah satu materi yang disampaikan adalah “Meningkatkan Budi Luhur Sebagai Pelaksana Enam Thobiat Luhur di Tengah Masyarakat”. Para peserta diajak untuk merenungkan dan meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai moral dan etika yang harus dijunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari atau dalam hidup bermasyarakat.

Wakil Ketua DPD LDII Bantul Deby Zulkarnain Rahadian Syah, S,Kep., NS., MMR. yang turut hadir dalam kegiatan ini mengatakan, “Kegiatan seperti ini memang dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk pembinaan kepada generasi penerus remaja LDII. Pimpinan cabang menyelenggarakan materi cinta alam Indonesia yang inti dari kegiatan ini adalah membentuk generasi penerus yang bisa merefleksikan tri sukses yaitu alim fakih, berakhlakul karimah dan mandiri,” katanya.

Menurutnya, isu-isu terkait dengan minimnya akhlak para remaja itu dapat dibentengi dengan materi-materi yang ada di dalam Cinta Alam Indonesia (CAI) ini.

LDII Tamantirto
Kegiatan outbond untuk menambah semangat peserta dalam mengikuti kegiatan.

Untuk menambah semangat peserta, kegiatan diselingi dengan outbound yang diikuti peserta dengan penuh antusias. Peserta diajak untuk berpartisipasi dalam berbagai permainan dan aktivitas yang dirancang untuk membangun rukun, kompak dan kerja sama yang baik dalam kelompoknya.

Di samping itu, kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari peserta yang merasa terinspirasi dan mendapat manfaat besar dari pengalaman belajar di alam yang unik ini. Diharapkan, kegiatan serupa akan terus diselenggarakan untuk memperkaya pengetahuan dan memupuk nilai-nilai positif dalam masyarakat.

”Kegiatan CAI kali ini cukup berkesan dari materi, games dan keakrabannya. Untuk pematerinya jos-jos dan penjelasannya mantap. Kedepannya kalau bisa ada tukar kado juga biar tambah seru,” kata Rodiyah Yuli Kurniati salah satu peserta.

Check Also

LDII Bambanglipuro

LDII Hadiri Dialog FKUB Kapanewon Bambanglipuro ‘Kerukunan Dalam Pilkada 2024’

Bantul (13/6) – Pengurus Pimpinan Cabang (PC) LDII Kapanewon Bambanglipuro menghadiri undangan dialog Forum Kerukunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *