Home / Uncategorized / KMD SAKO SPN DIY Siapkan SDM Berkarakter

KMD SAKO SPN DIY Siapkan SDM Berkarakter

 

Penyerahan bendera pataka oleh Daeng Daeda (kiri) kepada Kepala Pusdiklat Kwarcab Bantul Heru Supranoto S.Pd. LMT

Bantul – Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara Daerah Istimewa Yogyakarta (Sako SPN DIY) menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar (KMD) bekerjasama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka kabupaten Bantul. Diikuti 60 peserta putra dan putri perwakilan sakocab Bantul, Sleman, Yogyakarta, Kulonprogo, Gunungkidul dan perwakilan sakoda DIY. Kegiatan dilaksanakan selama tiga pekan yaitu 21-22 September, 28-29 September dan 5-6 Oktober 2019 bertempat di Bumi Perkemahan Dewa Ruci, Sanden, Bantul.

Turut hadir dalam pembukaan kepala Pusdiklat Kwarcab Bantul Drs. Heru Supranoto S.Pd. LMT, wakil kepala Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa) Kwarcab Bantul Drs. H. Daeng Daeda, M.Pd., ketua sakoda SPN DIY HM. Geyol sugiyanta, M.Si dan para Pembina dari Kwarcab Bantul.

Kegiatan diisi dengan pembinaan per kelompok, pengetahuan dasar tentang sejarah, organisasi, undang-undang dan anggaran dasar anggaran rumah tangga (AD-ART) gerakan pramuka.

Gerakan pramuka merupakan salah satu upaya untuk membina pendidikan karakter generasi muda. “Yang mana akhir-akhir ini agak khawatir tentang kemandirian, tanggung jawab dan kepedulian jauh dari harapan kita” ungkap Daeng Daeda. Lebih lanjut, gerakan pramuka salah satunya melatih kepekaan perasaan dengan sesama.

Sebagai contoh, karena tersedianya fasilitas di rumah membuat kebiasaan anak-anak saat ini jauh dari dari sikap mandiri, tanggung jawab dan peduli. Begitupun dengan proses pendidikan orang tua kepada anak dengan kasih sayang berlebihan. Kepedulian yang merupakan barang langka ini, Daeng berpesan sebagai seorang pramuka harus mengingatkan dan memberi contoh.

Daeng Daeda mengapresiasi inisiatif Sako SPN dalam menjalankan KMD bagi generasi muda. Sambutan diakhiri dengan pembukaan secara resmi KMD Sako SPN DIY ditandai dengan penyerahan bendera pataka dari perwakilan peserta.

Besar harapan atas pelaksanaan KMD, jiwa pramuka bisa masuk pada generasi muda sehingga bisa menjadi tauladan dan contoh untuk generasi selanjutnya.

About admin

Check Also

Co-Working Space DIY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *